Selasa, 08 Agustus 2017

Tahap Tumbuh Kembang Anak usia 0-3 Tahun

Masa pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan suatu masa yang tidak ingin dilewtkan oleh setiap orang tua. Mereka ingin mengetahui dan melihat sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Artikel ini akan membahas tahap tumbuh kembang anak dari usia 0-3 tahun. Sehingga orang tua bisa tau kira-kira jika sudah menginjak usia 1 tahun, perkembangan apa saja yang terjadi pada anak begitu juga tahapan untuk usia selanjutnya.
  1. Usia 0-3 bulan
    Pada tahap usia ini, bayi Anda baru lahir dan baru mengenal dunia baru setelah kurang lebih 9 bulan lebih 10 hari berada di dalam rahim Anda. Bayi Anda memiliki kulit yang keriput. Pada wajah, bibir, dan matanya akan mengalami pembengkakan terutama untuk bayi yang lahir melalui proses normal.

    Untuk kemampuan refleks yang bisa dia lakukan untuk saat ini adalah mengisap, menggenggam, dan mencari puting. Ini merupakan refleks 'primitif' yang dimiliki oleh setiap bayi untuk kemampuan mempertahankan hidup. Makanya biasanya setelah bayi lahir, dia biasanya di posisikan tengkurap di atas dada Ibu untuk berusaha mencari puting dan menghisap ASI sebagai nutrisi awal mereka.

    Kemudian beranjak menuju usia 1 bulan, bayi Anda lebih banyak tidur. Masa ini bayi masih belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga dia bisa saja tidur seharian di siang hari sedangkan di malam hari dia akan sering terbangun. Pigmen mata mereka masih belum berkembang secara sempurna. Bayi akan menangis sebagai ungkapan rasa lapar mereka. Dia pun punya refleks menggenggam jemari Ibu.

    Menginjak usia 2 bulan penglihatannya mulai berfungsi dan bisa melihat sesuatu yang jauh. Tangan kecilnya mulai merespon sesuatu yang berada di sekitarnya. Biasanya orang tua akan menggantungkan mainan diatas box tidurnya dan si kecil akan mencoba meraih-raih mainan tersebut. si kecil juga mulai menghisap jempolnya dan bermain-main dengan tangannya.

    Memasuki usia 3 bulan, si bayi mulai mengenal suara ibunya. Dia juga bisa menggenggam mainannya dan lebih kuat untuk menyangga kepalanya.
  2. Usia 4-7 bulan
    Di usia 4 bulan, bayi sudah mulai mencoba untuk berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya. Kadang juga ia mengajak interaksi orang tuanya. Bayi juga mulai mengenal kaki sebagai anggota tubuhnya dan mencoba mengangkat dan menghisap jari-jari kecilnya. Dia juga mulai mengeksplorasi benda-benda yang ada di sekelilingnya. Pada usia ini, bayi Anda jam tidur siangnya sudah mulai berkurang dan lebih banyak tidur di waktu malam.

    Di bulan ke 5 ini, bayi Anda mulai mengeluarkan suara atau tawanya untuk mengajak orang-orang yang berada disekitarnya untuk berinteraksi. Bayi Anda juga mulai menghabiskan susu di botolnya dengan cepat. Perkembangan selanjutnya ia mulai merespon benda-benda kecil disekitarnya dan mencoba meraihnya. Perkembangan fisik yan dialami bayi usia 5 bulan adalah ia mulai bisa mengangkat kepala sejajar dengan badan saat memegang tangannya dan menarik pada posisi duduk

    Memasuki bulan ke 6 ia mulai bisa melambaikan tangan untuk minta digendong atau tersenyum ketika melihat ibunya. Masa ini adalah masa serba pertama bagi buah hati. Ia sudah mampu duduk tanpa dibantu, merangkak, bahkan mungkin berdiri dengan berpegangan.

    Di usia 7 bulan si kecil sudah mulai menujukkan gigi-gigi kecilnya yang baru tumbuh dan merasakan makanan padat. Ia juga sudah bisa menggenggam dua benda dengan tangannya secara bersamaan. Emosi yang ia rasakan juga sudah mulai menyeluruh. Misalnya, ketika ibunya tidak ada didekatnya, dia akan mencari dan menangis. Di usia ini, bayi Anda juga mulai mengulang kata-kata.
  3. Usia 8-12 Bulan
    Pada usia 8 bulan, si kecil sudah mulai bisa menirukan suara yang Anda keluarkan. Perkembangan motoriknya adalah jika ia melepaskan sesuatu yang ia genggam dengan sengaja, ia akan kembali memungutnya. Dia juga sudah mulai menangis jika semisalnya Anda memarahinya. Kemampuan mengingatnya juga mulai bekerja, ia mulai dapat mengingat kejadian yang baru terjadi. Ia juga sudah mulai bisa duduk dan ada beberapa yang sudah mulai merangkak.

    Bayi usia 9 bulan sudah mulai mengacak-ngacak mainan miliknya. Saat giginya mulai tumbuh ia mulai suka menggigit mainan yang keras. Si kecil juga sudah dapat menikmati segala jenis musik, mulai dari krincingan buatan sendiri hingga nyanyian sang ibu. Biasanya pada usia ini, bayi juga suka menggigit segala sesuatu karena mulai tumbuh gigi dan merasa gatal pada gusinya. Dan pada masa ini bayi Anda mulai susah tidur.

    Memasuki usia 10 bulan, mainan menjadi sangat penting untuk menstimulasi otaknya. Permainan fisik seperti mengelitik membuat dia ketagihan dan berteriak kegirangan. Beberapa bayi mampu melangkah untuk pertama kalinya sebelum berusia satu tahun, tapi banyak juga yang baru mulai berjalan lama sesudahnya. Seperti halnya putra pertama-ku yang sudah mulai belajar berjalan di usia 10 bulan, walaupun masih merambat di dinding atau sofa untuk menyangga dirinya.

    Di usia 11 bulan, si kecil mulai memperhalus gerakan tangannya. Ia akan mulai menunjuk dan tidak lagi meraup dengan seluruh tangannya, tetapi akan menggunakan jempol dan telunjuknya untuk menjepit. Si kecil sangat suka mendorong mainannya begitu ia bisa merangkak, ia juga akan mulai berputar dan menoleh saat ibunya memanggil namanya. Pada usia 12 bulan, di usia tahun pertamanya ia mulai bisa berdiri tanpa harus berpegangan dan dia juga sudah bisa ikut merasakan kebahagiaan di tengah orang-orang yang ramai dengan cara bertepik tangan sambil tertawa. Dia juga mulai bisa menggunakan peralatan sikat gigi atau memegang sisir.
  4. Usia 2 Tahun
    Perkembangan si kecil semakin pesat, semakin banyak kegiatan yang dia lakukan. Anda sebagai orang tua suda bisa mengajaknya untuk bermain bersama di area pekarangan rumah. Dia juga sudah bisa mengucapkan beberapa kata seperti ‘Terima kasih’. Makanannya juga sudah bukan lagi makanan-makanan yang ia makan saat ia bayi. Ia sudah mulai bisa diajak untuk merasakan makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa, namun masih tetap dalam batasan. Si kecil juga sudah mulai bisa merespon pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Tingkahnya semakin aktif dan sudah bisa berjalan sempurna dan berlari.

    Tahap Tumbuh Kembang Anak usia 0-3 Tahun

  5. Usia 3 Tahun
    Di tahun ketia usianya, perkembangannya mulai semakin pesat. Ia sudah bisa makan sendiri tanpa harus Anda dampingi lagi. Kosa kata yang ia miliki semakin banyak, bahkan ada beberapa anak yang sudah berbicara dengan lancar. Dia juga sudah mulai bisa menggosok giginya sendiri, mandi sendiri, dan memakai bajunya. Ia juga mulai mengasah kreatifitasnya dengan menggambar berbagai macam bentuk. Dia juga sudah mulai mengenal kata sifat dan juga ia sudah bergerak dengan lincah seperti bisa mengangkat kakinya dengan satu kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar